Unsur-unsur dalam Foto




Dalam foto banyak terdapat unsur-unsur yang akan saya jelaskan secara singkat.


UNSUR DALAM FOTO


Motivation


Pertama memang saya kurang sekali mementingkan semua unsur ini. Namun, penting untuk seorang calon jurnalis amatir seperti saya ini untuk membuat foto itu dapat bercerita, bermakna bahkan membuat orang ingin tahu seperti apa kita membuat sebuah frame yang indah, enak diliat dan membuat setiap frame menarik. Motivasi difoto ini sangat simple, menangkap sebuah moment diatas awan. Motivasi untuk membangkitkan jiwa-jiwa para lelaki untuk mendaki gunung. Memang motivasi foto ini hanya ingin bercerita kalau udah dipuncak gunung itu apapun bentuk wajah udah gak penting, tapi yang pasti lelaki yang kaya gini udah pasti keren kalau sudah foto dipuncak gunung.



Information

Foto ini sudah jelas banyak informasi yang dapat diberikan. Pertama informasi yang ingin disampaikan teman saya lagi ada di puncak gunung Sumbing dengan ketinggian 3371 Mdpl, kedua berada diatas awan, ketiga memakai baju berwarna merah, dengan semangat seperti mengajak kalian yang menglihatnya untuk pergi kesana.  Terakhir, memberikan informasi bahwa alam Indonesia itu indah untuk di nikmati.


 Composition

Dengan composition gambar seperti ini, membuat detail gambar kurang, namun disisi lain komposisi gambar yang ingin menunjukkan kepada yang liat bahwa bukan orangnya objek yang ada tetapi ada awan, ada plat dengan nama gunung itu, background foto juga ada seperti bukit dan gunung juga dan jelas sekali warna langit. Sangat indah bukan bisa melihat foto yang warna dan objek sekitarnya yang banyak.


Camera angle

Angle dari foto ini, eyes angle, karena yang objek benar-benar melihat kearah kamera dan medium long shot. Sudut pandang yang diambil dari foto ini keindahan alam sekitar sekaligus orang yang sudah berada diatas puncak gunung ikut berbaur dengan alam itu keren dan sangat asik yang pasti itu sih angle yang ditekankan. Agar semua yang liat foto ini dapat merasakan atmosfer, jika dia sedang berada di puncak gunung.


Continuity



Banyak dari foto itu berkelanjutan, tetapi menurut saya mungkin foto yang bercerita yang berkelanjutan dalam foto ini tidak ada. Karena hanya menangkap satu frame yang focus untuk di nikmati saja, mungkin kalau foto berkelanjutan itu biasa nya dari dia pertama jalan menuju pendaki misalnya dari pos pertama sampai pos terakhir dan berada dipuncak. Namun, tidak bisa saya share semua foto tersebut hehe..  
-AS-

Comments

  1. sebenernya sih ada tapi lu nya aja ga mau minta hehheh.
    Bagus tulisannya
    Jadi pengen ketemu
    Lanjutkan

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Analisa Program Sitkom "Tetangga Masa, Gitu?"

Style Cantik Saat Mendaki Gunung

Pelangi diujung Senja