POINT as FILMMAKER



PART 1

The first thing you must do is: kamu harus mulai dengan membuat sesuatu yang sangat penting dalam film, tapi dilain pihak sangat murah pembuatanya yaitu sebuah screenplay. Baca contoh2 screenplay di internet (google screenplay favorit film kamu), dengan cara pertama Download Celtx =software buat bikin screenplay (gratis), dan mulai bikin sebuah cerita. 


PART 2

Setelah itu yang kedua paling penting adalah uang. Biasanya kalau cerita yang kamu buat sangat menarik , orang mau investasi sebagian uangnya buat project kamu. ini dia bisa di lirik (contohnya lihat di www.kickstarter.com). Tapi kalau mau dijelasin ini agak rumit dan panjang ceritanya. So...
Cara lain adalah dengan uang sendiri. Lihat bank account kamu dan jawab: Berapa jumlah uang atau persentasi yang kamu mau keluarin buat film kamu tanpa menyusahin kehidupan keesaharian kamu sndiri? Hitung, hitung, hitung....itu lah budget film kamu.


PART 3 

Ketiga yang penting adalah aktor. Kalau kamu sudah dapat uang dan script yg SANGAT bagus, aktor akan berdatangan buat audisi film kamu. 
Prosesnya berjalan terus sampai kamu menemukan crew lalu shoot film, edit, dan distribusi. jadi saran saya mulai lah dari no.1 yaitu bikin sebuah screenplay (cerita).
Kita mulai dari situ ya :) 

camera, roll, and action yeeeaaaah keep rock on guys :)
GOOD LUCK!!

ini semua sedikit pelajaran yang diberikan oleh teman saya yang diberikan melalui jejaring sosial :) point-point yang harus dilakukan untuk yang mau mencoba jadi filmmaker.
-MB-

Comments

Popular posts from this blog

Analisa Program Sitkom "Tetangga Masa, Gitu?"

Style Cantik Saat Mendaki Gunung

Pelangi diujung Senja